Laman

Rabu, 01 Mei 2013

PERBEDAAN SISTEM KOMPUTER


PERBEDAAN WINDOWS DAN LINUX

Linux dan Windows sebenarnya sama-sama merupakan suatu system operasi komputer. Hanya saja linux merupakan system operasi terbuka (open source) yang berarti system ini gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows adalah system operasi tertutup (komersial) yang berarti pada system ini kita harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuatnya (microsoft)jika kita ingin menggunakannya, dan juga system ini tidak bisa dikembangkan oleh pihak lain.
Karena Linux dapat dikembangkan oleh banyak orang karena sifat open sourcenya itu, maka Linux mempunyai banyak macam. Macam-macam itu di sebut “Distro”. Alasanya karena pengembanganya tidak dilakukan oleh satu orang atau perusahaan melainkan oleh banyak orang. Di windows pun juga begitu sama-sama memiliki banyak macam, tapi macam-macam itu disebut “versi” karena pengembanganya hanya dilakukan oleh satu perusahaan saja yaitu Microsoft
Berikut adalah beberapa perbedaan antara Linux dan Windows.

1.      Dari segi tampilan
·         Linux : tampilan di linux sebenarnya hampir saama dengan tampilan pada windows. Hanya saja tampilan di linux sedikit monoton.
·         Windows: tampilan pada Windows lebih berfariasi, tampilan Windows bisa kita ubah sedemikian rupa sesuai dengan yang kita inginkan.
2.      Dari segi ketahanan
·         Linux : Tahan untuk serangan Virus, tetapi bukan berarti Linux bebas dari Virus, Tapi virus itu tidak bisa berkembang seperti halnya virus pada Windows.
·         Windows: berbeda dengan Linux, windows lebih rentan terkena virus. Virus pada Windows mudah dengan cepat berkembang, karena sifat komersialnya (tertutup) dan Windows juga rentan terkena serangan hacker.
3.      Dari segi harga
·         Linux: dilihat dari harganya, harga Linux cukup terjangkau. Hal itu disebabkan oleh sifat open source pada Linux, biaya yang perlu di keluarkan hanyalah biaya untuk akses internet yang di gunakan untuk mendownload OS linux tersebut.
·         Windows: jika harga linux murah karena sifat open sourcenya, berbeda lagi denganWindows, harga OS Windows cukup mahal. Tapi mengapa Windows tetap laris di oasaran? Itu karena kebutuhan dan sifat user friendly pada Windows yang menjadikan Windows tetap laris di pasaran. Dan karena cukup mahal harga OS Windows banyak pihak yang membajak



4.      Dari segi penggunaan
·         Linux: dengan ketahanan Linux terhadap virus dan juga source codenya yang dapat dengan mudah diubah dan di tambah menjadikan Linux sering di gunakan untuk sistem administrator.
·         Windows: biasa digunakan oleh pelajar dan pekerja untuk membuat laporan. Karena tampilan yang sudah familiar di kalangan pelajar. Dan karena interface pada windows yang mudah untuk pengoperasiannya.

PERBEDAAN LINUX DAN UNIX
Linux adalah sistem operasi open source gratis dan hampir semua pengguna jaringan telah tahu bagaimana tentang hal itu. Namun UNIX dianggap sebagai OS menggunakan lebih profesional itulah sebabnya ditemukan dalam organisasi besar dan universitas besar. UNIX diproduksi sebagian besar oleh AT & T dan vendor komersial dengan banyak versi yang berbeda. Linux diproduksi sebagian besar oleh pengembangan open source dan secara luas didistribusikan oleh vendor komersial banyak seperti Red Hat, Debian, dan SUSE.

Linux adalah antarmuka pengguna grafis OS yang menyediakan dua tipe dasar GUI Gnome dan KDE sementara UNIX didirikan awalnya dengan menggunakan kode perintah. Kemudian UNIX juga dikonversi ke GUI dengan melihat pasar konsumen. The X yang terkenal Windows telah diciptakan untuk UNIX oleh AT & T. Linux dianggap sangat efisien dalam hal deteksi ancaman. Hal ini karena dua fakta Linux adalah OS masyarakat dan setiap kali user pertemuan virus tertentu ia melapor kepada masyarakat dan pengembang OS mulai membantu dia / nya.

Kedua hal ini merupakan OS open source dan memungkinkan untuk perubahan kode. Di sisi lain UNIX adalah sistem operasi user harus menunggu untuk patch anti virus dari produsen. Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa dalam hal keamanan Linux dapat dinilai lebih dari UNIX. Struktur biaya UNIX juga berbeda untuk model yang berbeda. Di Linux sebaliknya dapat didistribusikan dan di-download secara bebas. Meskipun Linux dianggap lebih aman tetapi sejauh ini telah dilaporkan untuk menangkap hanya 60 virus sementara UNIX telah melaporkan lebih dari 80 virus.
Bahkan jika kita menganggap fakta ini Linux dianggap lebih responsif terhadap bug dan virus. Informasi Penting UNIX muncul menjadi ada pada tahun 1969 di laboratorium bel dengan dukungan dari AT & T. kode dasar yang ditulis dalam bahasa C dan portabel. dari awal dirancang untuk jaringan yang memungkinkan konfigurasi waktu berbagi dan pengaturan. Selain itu multi user dan tugas sistem operasi multi-dianggap benar-benar efisien. UNIX dikembangkan untuk melayani komputer rangka utama, server dan workstation yang besar. UNIX lingkungan menjadi dasar untuk pengembangan dan kedatangan internet.
Di sisi lain Linux didirikan untuk mendukung beberapa pengguna. Linux sebelumnya digunakan untuk mendukung jaringan hanya lebih kecil dan aplikasi. Namun, saat ini tempat UNIX telah diambil oleh Linux di perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Bahkan saat ini kadang-kadang UNIX adalah satu-satunya pilihan yang mungkin untuk menjalankan banyak aplikasi seperti dalam kasus kita harus mendukung proses multi-simetris dengan 8 sampai 10 sistem seperti UNIX adalah pilihan yang cocok untuk pusat data yang besar.
Masa Depan untuk Linux dan UNIX Para analis mengatakan bahwa Linux adalah berkembang utama sistem operasi di dunia karena server untuk distribusi gratis. Keterbatasan utama dengan UNIX adalah bahwa hal itu tidak mudah tersedia. Orang lebih suka menggunakan Linux karena banyak tersedia dan dapat diinstal dalam prosesor yang berbeda dari prosesor yang paling kecil tertanam ke mainframe. Namun UNIX lebih cocok untuk workstation dan pusat data yang besar. Linux OS telah dipasang di lebih dari 25 juta komputer sejauh ini, Sedangkan UNIX telah digunakan hanya oleh 5,5 juta mesin sejauh ini.
Melihat tingkat keberhasilan seseorang dapat meramalkan bahwa masa depan Linux lebih aman daripada bagian UNIX counter. Namun pengembangan UNIX oleh IBM dan HP untuk meningkatkan GUI yang bisa membawanya kembali ke kompetisi. Dalam rangka untuk memenangkan perlombaan semua OS saat ini membutuhkan kompatibilitas lebih untuk perangkat keras dan harus lebih user frendly.







PERBEDAAN WINDOWS DAN UNIX
Sistem berkas UNIX berbeda dengan sistem berkas Windows (DOS) karena sistem berkas UNIX lebih hebat dan mudah diatur daripada Windows (DOS). Penamaan dalam UNIX dan Windows berbeda. Karena sistem Windows ingin memudahkan pengguna maka sistem mereka mengubah nama menjadi nama yang lebih mudah bagi para pengguna.
Contohnya adalah nama folder dalam adalah perubahan dari directory yang masih digunakan oleh UNIX. Penggunaan back slash (\) digunakan untuk memisahkan direktori-direktori dalam Windows, tetapi hal ini tidak ada dalam UNIX. Sistem UNIX menggunakan case sensitive, yang artinya nama suatu berkas yang sama jika dibaca, tetapi penulisan namanya berbeda dalam hal ada satu file yang menggunakan huruf kapital dalam penamaan dan satu tidak akan berbeda dalam UNIX. Contohnya ada berkas bernama berkasku.txt dan BerkasKu.txt, jika dibaca nama berkasnya sama tetapi dalam UNIX ini merupakan dua berkas yang jauh berbeda. Jika berkas-berkas ini berada di sistem Windows, mereka menunjuk ke berkas yang sama yang berarti Windows tidak case sensitive.
Hal lain yang membedakan sistem berkas UNIX dengan Windows adalah UNIX tidak menggunakan drive letter seperti C:, D: dalam Windows. Tetapi semua partisi dan drive ekstra di mount didalam sub-direktori di bawah direktori root. Jadi pengguna tidak harus bingung di drive letter mana suatu berkas berada sehingga seluruh sistem seperti satu sistem berkas yang berurutan dari direktori root menurun secara hierarki.


PERBEDAAN WINDOWS DAN MAC OS

Machintosh atau sering disebut juga MacOS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer yang pada awalnya dirancang khusus untuk komputer dengan mesin machintosh, yaitu mesin komputer yang dirancang  memiliki arsitektur khusus untuk MacOS yang bersifat exclusive dan berlisensi tertutup dan khusus atau terbatas. Sehingga MacOS pada waktu itu tidak kompatibel dengan PC dengan arsitektur x86 yang ada.

Selain itu ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakan antara MacOS dengan Ms. Windows sebagai market leader sistem operasi dewasa ini. Perbedaan itu antara lain :

1.      Kernel, MacOS adalah salah satu sistem operasi yang menggunakan kernel dari jenis Mikro Kernel, sedangkan Ms. Windows menggunakan Monolitik kernel. Perbedaan antara Mikro dan Monolitik kernel ialah Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi. Sedangkan Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya—yang disebut dengan server—untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya. Untuk pembahasan mengenai kernel lebih lanjut akan saya bahas pada postingan selanjutnya.


2.      Jenis Lisensi dan Penginstallan, MacOS pada awalnya adalah sistem operasi embeded atau sistem operasi yang ditanam atau diinstal langsung dari pabrikannya, dan lisensinya exclusive hanya untuk mesin-mesin buatan Apple Computer, seperti Macbook, MacPro PC, iPad, iBook. Sedangkan Ms. Windows kita bisa membeli berbagai jenis lisensi yang disediakan antara lain OEM, FPP (Full Package Program), Pre Installed dan bisa diinstal di mesin PC apa saja asal berarsitektur IBM PC x86 atau x86-64.
3.      Kemampuan Rendering, berkat menggunakan kernel berjenis Mikro Kernel MacOS memiliki performa yang luar biasa dalam masalah rendering dan kemampuan pada grafis yang menakjubkan. Maka tidak salah jika MacOS sering dijadikan pilihan bagi para Grafis Disainer Profesional. Sebagai perbandingan, jika kita melakukan rendering objek 3D pada MacOS dan Windows, maka MacOS akan jauh meninggalkan Windows dalam masalah performa. Tapi satu hal yang disayangkan, meski MacOS memiliki kemampuan luar biasa dalam rendering 3D dan disain grafis, tetapi MacOS tidak familiar dengan Games. Berbeda dengan Windows yang sangat familiar dengan Games.
4.      Keamanan, sudah jelas untuk keamanan MacOS jauh lebih aman dari pasa Windows walaupun MacOS berjalan tanpa Antivirus dan Firewall. Hal ini dikarenakan selain popularitas MacOS yang berbeda jauh dengan windows (pengguna MacOS tidak lebih dari 5% dari pengguna komputer di dunia). Sehingga diasumsikan para hacker dan pembuat virus lebih tertarik membuat malware yang bisa berjalan di Windows daripada di MacOS.
5.      Kehandalan Mengelola Jaringan, dalam masalah ini MacOS harus mengaku kalah dari Windows. Karena ternya MacOS lebih piawai dalam urusan single komputer daripada network komputer.Walau memang MacOS masih bisa terhubung dengan komputer lain via jaringan, tetapi Windows lebih piawai dan handal. Dan yang lebih membedakan lagi Server berbasis Windows jauh lebih powerful dan populer ketimbang MacOS.
6.      Harga, MacOS memiliki harga lisensi yang jauh lebih mahal daripada Windows. Jika kita bandingkan sebuah Notebook yang terinstall Windows 7 Home Edition Original dan spesifikasi standart bisa dibandrol sekitar 5 Juta sampai 7 Juta rupiah, beda halnya dengan MacOS pada MacBook dengan spesifikasi hampir sama bisa dibandrol sekitar 10 juta sampai 13 Juta.
7.      Maintenance, dalam masalah perawatan dan perbaikan jika ada kerusakan MacOS jauh lebih rumit daripada Windows. Dan tidak jarang jika ada kerusakan yang terjadi pada MacOS, hanya bisa diperbaiki oleh perusahaan Apple nya sendiri, atau dengan kata lain kita kirim ke Apple untuk diperbaiki. Dan jarang-jarang ada teknisi rumahan yang menyediakan jasa perbaikan MacOS.
8.      User Interface dan Desktop, untuk UI dan Desktop MacOS lebih bagus juga Multiple Desktop dan lebih menarik daripada Windows walaupun sebenarnya hal itu dikembalikan kepada masalah selera.
9.      Kompabilitas Hardware dan Software, untuk masalah kompabilitas MacOS memiliki dukungan jauh lebih sedikit daripada Windows, hal ini disebabkan dari masalah lisensi exclusive yang digunakan MacOS.
10.  Patch, karena kita sudah faham kalo Windows itu jauh lebih rapuh dalam soal keamanan maka sudah bisa dipastikan jumlah Patch untuk Windows jauh lebih banyak daripada MacOS


PERBEDAAN LINUX DAN MAC OS

LINUX
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan secara komersial.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991. Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari, serta faktor keamanan dan kestabilannya dibandingkan dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.
Untuk Red Hat, spesifikasi minimum yang dibutuhkan:
Processor x86 800 Mhz
Sistem memori (RAM) 128 MB
1 GB ruang harddisk kosong
Graphics card yang mendukung resolusi 800×600
Sound card + Koneksi ke jaringan/internet
Untuk Ubuntu, spesifikasi minimun yang dibutuhkan:
Processor x86 700 MHz
Sistem memori (RAM) 384 MB
8 GB ruang harddisk kosong
Graphics card yang mendukung resolusi 1024×768
Sound card + Koneksi ke jaringan/internet

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.


PERBEDAAN MAC OS DAN UNIX

MACINTOSH
Macintosh yang berarti Mac OS.
Kelebihan dari Macintosh/Mac OS :
·      Mac OS tidak mudah terkena virus.
·      Bisa melakukan semua hal yang hanya dilakukan di MAC.
·      OS yang lumayan begitu banyak peminatnya, khususnya para graphic designer.
·      Lebih stabil dan lebih tahan dari serangan virus sama dengan linux
·      Aplikasi lebih banyak dari linux
·      Tampilan indah dan eklusif
Kekurangan dari Macintosh/Mac OS:
·      Biaya (produk) mahal.
·     Tidak bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan.
·     Hanya berguna bagi Graphic Designer.
·     Mac tidak bisa dirakit sendiri.
·    Softwarenya tidak begitu lengkap, dan kurang cocok bagi para gammers atau untuk bermain game, karena tampilannya kurang begitu menarik.


UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.







GOOD LUCK


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar